Dari Abdullah Ibn Amru Ibn al Ash Radhiallaahu Anhu, sesungguhnya Nabi Shallallaahu Alaihi Wassallam bersabda:

"Sampaikan dariku walau hanya satu ayat!, dan ceritakan dari bani Israil, tidak perlu takut!, dan barang siapa berbohong atas namaku dengan sengaja, maka hendaklah ia bersiap mengambil tempat duduknya di neraka!" (HR. Bukhari)

Blog obrolan ringan antar sahabat yang tergabung dalam grup whatsapp "Abyss mengkaji islam", dengan semangat saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati dalam kesabaran. Saling mendoakan dan saling memberi motivasi dalam keimanan ISLAM.
Ya, namanya obrolan tentu banyak kesalahan dan kekhilafan, untuk itu kami mohon ampun kepada Allah Azza Wa Jalla, dan mohon maaf sebesarnya bagi semua

Rabu, 13 November 2013

Obrolan tentang Sholat khusu' dan tips nya


24 oktober 2013

Bissmillah
akhi Fithrawan:

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah apabila ba'da sholat subuh, tetap duduk dan berdzikir kepada Allah Ta'aala hingga menjelang siang. Suatu saat murid beliau yaitu Ibnu Qoyyim menunggunya di belakang beliau, karena mengetahui ada muridnya, lalu beliau berkata: sesungguhnya zikir ini adalah sarapanku, dan jika aku tidak berzikir, maka kekuatanku akan melemah..



Shaikh Bin Baz Rahimahullah adalah ulama ahlussunnah yang sangat banyak memikul amanah umat. Beliau adalah seorang mufti, berfatwa, menjabat sebagai rektor, dan banyak jabatan penting di Saudi Arabia semasa hidupnya.


Pernah suatu hari beliau bersafar dengan murid2 beliau. Dan saat itu beliau sudah sangat lanjut usia. Para murid beliau ketika malam tidur menyaksikan beliau tetap sholat malam. Di waktu ba'da subuh pun beliau selalu berzikir hingga dhuha.



Pernah ditanyakan kepada beliau apa rahasianya karena seolah Shaikh bin Baz tidak pernah letih padahal sudah sepuh dan kegiatannya sampai malam tiada henti. Jawaban Shaikh bukanlah makan yang banyak, olah raga, atau banyak istirahat, karena kenyataannya Shaikh Bin Baz malah banyak puasa sunnah, sedikit tidur karena qiyamul lail.. Jawaban beliau : "Jika yang bekerja adalah Ruh,maka jasad tidaklah akan merasa letih".. Beliau memang bekerja untuk Allah Ta'aala.. Membimbing umat, mengajarkan Al Quran dan Hadist Rasulullah Shallallaahu alaihi wassallam.. Maka Allah Azza wa jalla memberinya kekuatan..



Karena memang Ruh berasal dari Allah Azza Wa Jalla, maka kecenderungannya adalah menuju Allah ke atas.. Wajar jika ruh yang bekerja, jasad tiada akan letih..


Lain jika yang bekerja adalah hawa nafsu, maka sifat manusia yang berasal dari tanahlah yang bekerja.. Wajar jika badan akan letih jika banyak memperturutkan hawa nafsu..


Ini kajian yang dijelaskan panjang lebar oleh Ustad Dr. Saad Ibrahim Hafizzahullah.


Itulah yang disebutkan Allah Ta'aala dalam firmanNYA: "Mohonlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan sholat, sesungguhnya sholat itu berat dilaksanakan kecuali bagi orang yang khusyu'"



Inilah kunci dari segala permasalahan dunia : "sabar dan sholat"



Perbaiki terus kualitas sholat ini agar sesuai dengan Sholat Nabi Muhammad Shallallaahu alaihi wassallam, agar diri ini dimudahkan dalam hidup di dunia, istikomah hingga berjumpa Allah Azza wa jalla..

Belajar khusyu' sesuai dgn khusyu' nya Nabi.. Bukan khusyu' yang tidak sesuai sunnah..


Karena Nabi Shallallaahu alaihi wassallam bersabda "sesungguhnya yang pertama tama diangkat dari umat ini adalah khusyu' & yang terakhir diangkat adalah sholat"


Dan jika sholat sudah diangkat, kiamat kubro lah yang akan terjadi..

whai jiwa, teruslah berusaha agar bisa menjaga sholat sesuai sholat nubuwwah. Dan berusaha khusyu' agar dimudahkan hidup di dunia dan akhirat kelak.



Wamayyataqillaaha yaj'allahuu makhrojaa wamarzuqhuu minhaisu laa yahtasiib

Belajar sholat khusyu' ini haruslah cermat, dan benar2 memperhatikan petunjuk Rasulullah Shallallaahu alaihi wassallam..



Saat ini banyak diadakan pelatihan sholat khusyu'. Mulai di musholla, langgar, masjid, bahkan ada seminar di hotel2 mahal, tentunya dengan biaya yang lumayan pula..

Iklan tentang pelatihan sholat khusyu' pun terpampang di koran, di televisi, dan trainnernya juga banyak muncul di televisi2 nasional..


Hal, ini perlu diapresiasi, karena ternyata umat Islam sadar akan pentingnya sholat khusyu' sehingga rela ikut pelatihan2 dengan biaya.mahal di hotel2..

Yang jadi pertanyaan.. Sudahkah khusyu' itu diperoleh..??

 Disinilah umat Islam harus kritis dalam menyikapinya..


akhi Pratomo:
Maksudnya kalimat terakhir itu apa gus?

akhi Fithrawan:

Jek bersambrung.., ini menyangkut metoda sholat khusyu' yg sering disampaikan di tv tv oleh ustad2 yg terkenal dg metoda tersebut

Aku pernah lihat di tv metoda sholat khusyu' oleh ustad tersebut.. Beberapa metoda bisa di cek sendiri di youtube..


Yang disaksikan di tv saat itu penekanan metoda pada konsenterasi.. Lalu merasakan aliran ruh yang nyambung kepada Allah Ta'aala..

Lalu ustad mencontohkan saat takbiratul ihram tangan diangkat, rasakan kehadiran Allah, lalu takbir Allaahu akbar.. Terus.. Konsenterasi.. Dst.. Lanjut ke ruku, i'tidal dan seterusnya.. Dengan kata2 motivasi dari ustad tsb..


Bisa di cek beberapa langkahnya di youtube..


Saat itu, aku menyaksikan semua itu sebagai metoda yang logis.. Ya.. Mirip mirip metoda meditasi, karena bisa dilihat juga di beberapa tayangan cara konsenterasi pada mmeditasi itu mirip spt itu..

Mungkin diadopsi saja utk meningkatkan konstenterasi agar bisa khusyu' dalam sholat..

Lalu hal tersebut aku pahami sebagai salah satu cara/metoda..



Ya ok ok saja jika memang membantu

Correct.. kalo ust abu sangkan methodenya begitu.. aq pernah ktemu dg ustadz lain. Metode kusyu'nya malah dibilang gak boleh konsentrasi.. konsentrasi lebih ke arah logic. Kalo kusyu' sholat itu berserah saja.. pasrah sambil meyakini, merasakan kita seolah2 dilihat Allah.. pasrah dg berusaha memahami makna bacaan sholat.. bukan mengartikan scr tekstual

Pasrah.. berserah..


akhi Pratomo:
Koyok meditasine wong buddha lak an nek ngono?
Ora nglamun & gak menutup mata - makruh

akhi Fithrawan:

Ya gitu.., mari tak lanjut ceritonya..


Suatu hari di masjid dekat rumah ada kajian Sifat wudhu nabi oleh. Ustad Abu Haidar. Kajian cukup keren pakai laptop, ohp, penjelasannya runtut berdasarkan hadist2 yg sahih..


Langkah wudhu plus faidah dibahas tuntas dan luarbiasa.. Itulah sifat wudhu Nabi yang tentunya merupakan tuntunan syari'at..

Filenya powerpoint aku copy, sayang audio.video nya ngga masuk karena missing link..


Kajian mulai jam 7 pagi hingga menjelang duhur plus snack.. Dan gratis.. Hehe

Selang beberapa pekan ada lanjutannya yaitu Sifat Sholat Nabi juga dilandaskan hadist2 sahih dengan hujjah yangv kuat..

Dilanjutkan tips sholat khusyu'


Semua butuh 2x pertemuan dan sampai sore, jadi ibu2 menyiapkan makan siang buat jamaah juga..


Subhanallah..


akhi Pratomo:
Gratis
Wah bagus ya...ust.abu haidar pernah ngisi kajian isra' mi'raj di masjid tempatku. Bagus presentsasinya
Subhanallah..

akhi Fithrawan:

File kajian tak copy juga plus melengkapi kajian mp3 langkah2 sholat khusyu' mennurut sunnah Nabi Muhammad Shallallaahu alaihi wassallam..

Kesimpulannya, terdapat perbedaan yg banyak antara metoda ahlussunnah dengan metoda2 manusia..

Kalau menurut kajian ahlussunnah: khusyu' itu dimulai dari wudhu yang sempurna, disertai semua sunnahnya, lalu persiapan sholat memakai pakaian yg baik utk menghadap Allah Azza wa jalla..



Para ulama Salafus salih dahulu jika hendak sholat benar2 persiapan yg istimewa..

Selanjutnya utk bisa khusyu' memang seperti kata Akhi Purwito, harus paham ilmunya sholat, rukun2 nya, syarat wajibnya, sunnah2 nya dan yang lain.


Juga harus memahami apa yang dibaca dalam sholat, selanjutnya memperhatikan sunnah nya..


Semua itu jika diiringi ilmu dan pemahaman akan sunnah sifat sholat Nabi, maka, ngga perlu metoda macam2, konsenterasi akan datang dgn sendirinya


akhi Pratomo:
Jadi ingat kisah ali ra. Ketika beliau terkena panah yg menancap di pundaknya dan akan dicabut, tabibnya bilang kalau ini akan sangat sakit. Sahabat Ali ra.berkata, cabutlah saat aku sedang sholat...
Dan benar, saat beliau sholat dhuhur,tabib mencabut anak panah dari pundak beliau dan beliau tidak menunjukkan reaksi kesakitan sedikitpun, beliau terus melanjutkan sholat dgn khusyu'. Subhanallah ....kita,jangankan dicabut anak panah dari tubuh kita,ya. Kadang2 sedang sholat,berjamaah di masjid sekalipun,ada suara braaakkkk....di jalan depan,sudah terganggu kekhusyu'annya. Hehehe...ya wajarlah. Manusiawi. Pernah ust.muwida membahas hal ini,itu hal yang lumrah,kita mungkin belum bisa mencapai taraf khusyu dan khudlu' spt para salafussaleh tersebut,tapi paling tidak kita harus senantiasa berusaha dan belajar untuk meningkatkan kualitas sholat kita.
Ya banyak2 belajar lewat kajian2,ta'lim,dsb
Salah satu tips khusyu' juga adalah dengan menghafal beberapa doa dari doa istiftah dan membacanya bergantian, lalu juga menghafal surat2 utk dibaca beserta artinya..

akhi Fithrawan:

Utk surat2 dalam Al Quran ini hendaknya menurut ustad dgn pemahaman, dan jika membaca ayat Rahmat, memohon kepada Allah akan rahmatNYA, jika membaca ayat azab, lalu berlindung dari azabNYA

Untuk khusyu' pula ditekankan yaitu "tepat pada waktunya" dan sunnah bagi yang laki2 di masjid, dan akhwat di rumah namun tidak menunda, tepat waktu.


Pada kajian shaf, kaki harus menempel juga pundak, ini perintah Nabi, dan kata Nabi, jika shaf tidak rapat, maka hati akan diceraibberaikan oleh Allah..


Ternyata rapatnya shaf membawa aura energi antar jamaah yang menyebabkan satu hatinya dalam sholat dan membawa ke khusyu' an..


Metoda2 Nabi ini yg sedikit saja disinggung ustad di tv yg terkenal dg metoda sholat khusyu' nya itu..

Makanya, metoda itu masih kurang lengkap, harus ditambahkan ilmu sunnah yang banyak..



Sampai2 dikatakan, bagi Anda yg sudah ikut pelatihan sholat khusyu' 10x pun, lalu jika ada adzan menunda dan sholat sendiri misal, bisa dipastikan tidak akan se khusyu'' orang yg mengikuti sunnah, segera wudhu dan berangkat ke masjid utk sholat berjamaah..

 Wes dijamin..

note:
Refferensi download kajian untuk sholat khusyu'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar