Dari Abdullah Ibn Amru Ibn al Ash Radhiallaahu Anhu, sesungguhnya Nabi Shallallaahu Alaihi Wassallam bersabda:

"Sampaikan dariku walau hanya satu ayat!, dan ceritakan dari bani Israil, tidak perlu takut!, dan barang siapa berbohong atas namaku dengan sengaja, maka hendaklah ia bersiap mengambil tempat duduknya di neraka!" (HR. Bukhari)

Blog obrolan ringan antar sahabat yang tergabung dalam grup whatsapp "Abyss mengkaji islam", dengan semangat saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati dalam kesabaran. Saling mendoakan dan saling memberi motivasi dalam keimanan ISLAM.
Ya, namanya obrolan tentu banyak kesalahan dan kekhilafan, untuk itu kami mohon ampun kepada Allah Azza Wa Jalla, dan mohon maaf sebesarnya bagi semua

Senin, 11 November 2013

Obrolan tentang Hidayah



Tahu, Faham & Amal: Benarkah Tidak Sampai Pahala Bacaan Al Quran Kepada Orang Islam Yang Meninggal Dunia ? –


Akhi Pratomo:
Bukannya mau debat atau ngajak bid'ah...
Mungkin bisa untuk referensi saja
Bismillah,

Akhi Fithrawan:

Pembahasan di reff iku puanjang banget, dan kebanyakan dr kita butuh penjelasan ulama dalam menukilkan riwayat2. Karena tidak bisa dianalisa sepotong2 terhadap dalil2 yg ada. Nah ada kajian yang panjang x lebar x tinggi yang menjelaskan hingga ke akar2 nya masalah ini.. Namun lek dibahas, aku yakin akan selalu jadi perdebatan yg panjaaaang.. Ya karena mayoritas dr kita mesti ngga punya cukup ilmu..



Padahal dalam mengamalkan suatu amalan harus ada ilmunya yang jelas..



Nah, ada kaidah penting bagi yang ingin melakukan amalan, yaitu hendaknya kita keluar dari ikhtilaf atau perbedaan pendapat di kalangan ulama. Dalam artian pengamalan suatu amal tersebut sudah benar2 disyariatkan dan semua ulama sepakat atasnya.. Jadi InsyaAllah ayem lan tentrem..

Namun jika pun kita mau mengamalkan yg ulama masih berselisih, ok saja, yang penting jnganlah kita sekedar ikut ikutan saja, setidaknya masih tahu dalil2 yang sohih dan hasan dari Rasulullah Shallallaahu alaihi wassallam atas amalan yang dimaksud..

Intinya beramal itu harus berilmu..



Nah mengenai pembahasan yg ikhtilaf di kalangan ulama dari reff akhi Pratomo itu tadi adalah mengenai bacaan Al Quran untuk si mayit, sampai apa tidak.. Inilah yang para ulama berselisih dan berikhtilaf, yang yakin sampai dgn dalil2 sahih dari Nabi dan atsar para sahabat silahkan mengamalkan, yang tidak, silahkan meninggalkan.. Itu saja, dan saling menghormati..



Adapun yang para ulama sepakat 100% tidak ada ikhtilaf adalah "DOA" dan safaat untuk sang mayit.. Ini para ulama sepakat InsyaAllah sampai, jadi utk doa jangan sampai ditinggalkan ya.. Sekurang2 nya jika lewat jenazah, kita doakan Allaahummaghfirlahu.. Dst..



Doa inilah yang menjadi urgensi utk si mayit. Maka hendaknya jika kita bertakziah,pakailah pakaian yg suci dan dalam keadaan "punya wudhu"..



Ramadhan kemaren ada kajian yg judulnya unik di Masjid: "urgensi menyelamatkan jenazah" .. Kenapa urgen? Karena itu yg sangat dibutuhkan sang mayit dari takziah kaum muslimin.. Sang mayit tdk butuh karangan bunga yg bertumpuk, masyarakat yg banyak, bawa gula, minyak goreng, mi, dan yang semacamnya, yg namun setelah itu hanya duduk2 saja..



Yang urgen dibutuhkan mayit adalah Sholat jenazah dari kaum mukminin..

Rasulullah Shallallaahu alaihi wassallam bersabda: "Allah mengampuni dosa2 orang yg meninggal yang disholati oleh 100orang" dalam riwayat lain: "Allah mengampuni dosa2 orang yang disholati 40 orang ahlul Tauhid yg tidak pernah menyekutukan Allah Ta'aala"

Hadistnya kurang lebih demikian.. Jadi yang urgen adalah doa dan safaat dari kaum muslimin utk sang mayit..

Terkadng yang takziah kurang paham dan beralasan baju kotor, tidak punya wudhu dsb dan ngga sholat jenazah..



Bahkan saking pentingnya, bagi yg datang terlambat, boleh sholat jenazah di atas kuburan, seperti yg pernah dilakukan Rasulullah..



Selain itu juga, jika hendak ziarah kubur, hendaknya hafal doa masuk kuburan, ini sunnah dan sahih:

"Assalaamu'alaikum yaa ahladiyaar (ahlul kubuur) minal mukminin wal muslimiin, wa ana InsyaAllaahubikum laahikuun, as'alullaaha lanaa walakumul aafiah.." "Salam sejahtera buat kalian para ahlul kubur dari kaum mukminin dan muslimiin, saya InsyaAllah akan menyusul, dan saya mohonkan kepada Allah untuk kalian afiah (keselamatan)"



Doa ini luar biasa dan dalam suatu riwayat, doa itu sangat dinanti-nanti dengan bahagia oleh para ahlul kubur..




Doa lainnya adalah yang disyariatkan untuk kita rutin membacanya:

"Allaahummaghfirlii waliwaalidayya walil mukminin wal mukminaat al ahya imilhum wal amwaat" : "Ya Allah, ampunilah dosaku, dosa kedua orang tuaku, dosa kaum mukminin dan mukminat baik yang masih hidup maupun yang telah mati.."



Di riwayatkan, jika seseorang mendoakan kebaikan untuk saudaranya seiman, maka malaikat berdoa kepada Allah Ta'aala agar dia mendapatkan kebaikan doa itu juga..



Subhanallah, bayangkan, malaikat mendoakannya dengan kebaikan sejumlah orang yang didoakan, padahal orang tersebut mendoakan semua orang mukmin baik yang masih hidup atau yg sudah meninggal, berapa milliar balasan dari doa itu untuknya.. ? Subhanallah..

Intinya, banyaklah berdoa, karena doa itu adalah safaat bagi kaum mukminin baik yang hidup maupun yg sudah meninggal..



Wallaahu a'lam


AKhi Pratomo:
Assalamualaikum akhi ukhti...wah gus wawan ba'da subuh nulis kultumnya panjanglebar ...semoga jempolnya gak kram ya?
Memang kalau mengenai sampai tidaknya bacaan qur'an utk ahli kubur ini jadi masalah yg paing sering diperdebatkan dikalangan ulama dan ummat.
Masing2 dengan dalil dan hujjahnya, dan insya Allah menurutku yang sangat awam ini semuanya benar karena sanadnya. Tinggal pemahaman dan penafsiran masing2 ulama memang bermacam2 ya.
Disini ijinkan saya berbagi sebuah kisah nyata yang pernah dialami alm.papaku dulu yg jadi acuan kami sekeluarga.

Begini,th 1962,waktu itu papaku masih katolik. Beliau sakit parah diopname di rs simpang surabaya (sekarang jadi delta plaza). Infeksi usus halus,karena kebanyakan puasa mutih,pati geni,dan. Karena waktu itu selain masih katolik,papaku juga senang ngelmu kebatinan di eyang Dirdjo(pendiri perisai diri/PD).

Nah singkat cerita...
Papaku ambruk dan dinyatakan infeksi usus halus,dan koma 3hari.
Dalam keadaan koma itu pada hari ketiga,dokter sudah angkat tangan dan papaku dinyatakan meninggal. Waktu itu sudah ada keluarga dan pastor,mau sakramen kematian. Tapi terus keluarga semua keluar dari kamar
Dan ada ibu kos papaku njenguk,dia muslim.
Ibu kos ini duduk di samping ranjng pasien dan membaca al-qur'an.
Sementara itu,papaku itu kan ternyata mati suri,dia bisa melihat jasadnya dikerubungi keluarganya dan melihat ada ibu kosnya datang dan ngaji. Tapi rasanya beraat gitu...mau naik keatas gak bisa mau kembali ke jasadnya juga gak bisa. Terus dia mendengar ibu kosnya ngaji,kok rasanya tiba2 ringan sekali dan lalu ada dua sosok yg sangat tampan mendatanginya. Mereka membawa papaku naik kearah cahaya dilangit dan seiring bacaan al-quran dari ibu kosnya itu perjalanan yg tadinya terasa berat jadi enteng. Sesampai disuatu tempat yg serba putih papaku bertemu seorang yg berwajah sangat tampan dan bersih. Memakai jubah hijau muda,seperti orang Arab. (Kami tidak berani menyatakan apakah orang itu rasulullah atau malaikat,wallahu alam)
Orang itu berkat pada papaku bahwa papaku masih belum waktunya kesitu,karena Allah masih memberikn kesempatan untuk bertobat.

AKhi Fithrawan:

Wa'alaikumsalaam warrahmatullaahi wabarokaatuh.. Lho.. Ndi lanjutane..? Gantian jempole sing kram.. ?? Hehehe


AKhi Tino:

Allahuakbar !!

Aku sampek mrinding iki..

Endi lanjutane..?? 

Akhi Pratomo:
Sik yo rek...masih dijalan iki. Segera datang

Akhi Purwito:

Subhanallah.. itu hidayah lek menurutku..


Ukhti Nadia

Subhanallah...ditunggu cerber nya pak..



Akhi Pratomo:
Lanjut ya.
Setelah berbicara dgn orang tadi,kata papaku dia diajak jalan2 keliling tempat yg serba terang dan sejuk itu. Baunya harum sekali (setelah ortu ku berhaji,papaku mencium wanginya kabah,dan ingat harumnya sama dgn tempat yg dulu didatanginya waktu mati suri). Selama disitu,papaku itu merasakan ada sesuatu yg memberi kedamaian dan kesejukan di hati. Karena dia juga masih mendengar bacaan al-quran ibu kosnya tadi.
Mengenai hal2 yg dilihat disana papaku gak cerita terlalu mendetil. Tapi satu hal yang paling mengejutkan dia adalah dia melihat pastor ketua gerejanya yg sudah meninggal ternyata disiksa di suatu tempat yg gelap dan panas (siksa kubur?wallahu alam)
Singkat cerita nya akhirnya papaku dibawa kembali turun oleh 2 orang yg membawanya tadi. Dan dimasukkan lagi ke jasadnya yg ada di ranjang rs.

Setelah papaku siuman dari koma dan dioperasi. Papaku nanya ke keluarganya berapa lama dia koma, ternyata 3 hari 2 malam. Padahal rasanya papaku cuma sebentar diatas sana. Terus kakaknya (pakdheku) cerita kalo bu suwarno ibu kosnya itu selalu datang dan ngaji di kamar papaku selama itu. Pantesan kata papaku,aku kok merasa sejuk,enteng perjalanannya,dan selalu terdengat bacaan al-quran. Setelh sembuh dan ketemu ibu kosnya,papaku tanya apa yg dibaca kemarin waktu bezoek. Ternyata al-fatihah, yasiin dan arrahman. Dari situ terus papaku penasaran dengn al-quran dan islam. Alhamdulillah kemudian beliau masuk Islam dan seluruh keluarganya juga masuk Islam meskipun bertahap. Alhamdulillah papaku juga khusnul khotimah. Beliau meninggal dgn senyum lebar dan wajah berseri2,smbil terus melafalkan laa illaha illallah...Allah..Allah..Allah..seperti orang yang ditunjuki sesuatu yg indah dan menyenangkan begitu.atau seperti orang yang dijemput seseorang yg sangat dikasihi...

Akhi Purwito:

Subhanallah.. walhamdulillah.. Allahuakbar


Akhi Pratomo:
Wis rek...jempol ane kemen iki
Semoga ada hikmahnya
Ohya,gini. Berdasarkan pengalamannya itu,papaku kalo ada orang yg ngotot bilang bahwa tidak akan sampai bacaan qur'an pada mayyit,papaku mesthi bilang, "orang-2 itu belun pernah ngalami seperti papa sih...papa ini lho sudah ngalami sendiri, insya Allah nyampe kok. Nek gak percoyo cobaen dewe sik"
Ya tapi itu terserah pemahaman masing2 ya... yang penting yang dibaca al-qur'an bukan bibel, "katanya bercanda

Akhi Purwito:

Bukan juga cerita2 serruuu.. 


Akhi Pratomo:
Alm.papaku
Jadi kangen

Akhi Tino Leonardi:

Allahuakbar luar biasa mox...


AKhi Purwito:

Subhanallah.. sampean wis oleh gen hidayah iku


Akhi Pratomo:
Semoga ada hikmahnya ya...jangan lelah berdoa untuk orang tua kita. Baik yg masih hidup ataupun yg sdah wafat. Seperti kata Gus Wawan tadi. Yang paling utama adalh doa kita anak2 nya...
Kalo doannz kakek 
Nenek gimana ya.. kan itu garis keturunan ke atas

Akhi Pratomo:
Purwito: Alhamdulillah ... tapi dudu sinetron hidayah lho ya...
Ayo akhi wawan.kita pijet jempol bareng2

Akhi Purwito:

Setelah masuk islam, papa sampean sempat contact karo pastor ora? Untuk sharing info.. kasih tahu


Ukhti Nadia:

Mox...aq mbrebes mili

Subhanallah...pengalaman rohani beliau luar biasa...



Akhi Purwito:

Bukan cuma mbrebees mili bu nadz, iki bergetar kabeh..


Ukhti Nadia:

Iyo sih...merinding aq

Gak mbrebes maneh...ambrol

Aq skrg smkn bersyukur..hantaman pekerjaan 2 thn lalu..justru mmbuat aq jd bljr buat akhiratq

Subhanallah

Dn bertemu dgn kalian lagi yg..subhanallah..ilmunya sdh luar biasa..



Akhi Purwito:

Ono cerito opo 2 th lalu bu nadz?



Ukhti Nadia:

Alhamdulillah...gak bs diitung materi

Biasane kreatifitas muncul krn kepepet 



Tp..lagi2..Alhamdulillah..berarti Allah msh memberi ksmpatn buat taqorabb padaNya



Sblm resign ya udh seneng bikin2 kue..mklm bakat turunan

Tp wkt kan msh tersita ngantor

Skrg berusaha jd ibu rmh tangga yg baik dn bener aja

D rmh smbl nerusin hobi..

Hikmah lain...anak2 liat ibunya terus


Akhi Pratomo:
Purwito:  nek ketemu pastor setauku pernah bahkan ada teman sekantornya yg katolik berusaha menarik beliau kembali jadi pengikut paulus ,
Tapi Alhamdulillah beliau tetap teguh, sampai akhir hayat

Akhi Purwito:

Ada nggak teman gereja yg akhirnya ikut masuk islam?

Menurutku jadi ibu r.t itu lebih berat dari wanita karir kantoran.. kalo bener.

Istriku kularang bekerja bu'.. waktu itu aq mikirnya simple: siapa yg akan mengenalkan tuhan/rabb pertama kali kpd anak2ku? Aq & istriku sepakat peran itu tdk bisa digantikan orang lain - pembantu


Akhi Tino Leonardi:

Betul pak Pur.. bojoku yo jd ibu rt jg spy bisa mendidik dan mengasuh anak. Aku ga nglarang kerjo sih, alhamdulillah ojob yo sadar kebutuhan anak iku



Akhi Purwito:

Berarti aq kejem yo pak? Ngelarang bojo 🙈

Sakjane bojo yo pengen kerjo.. krn nature-nya punya ijazah engineer.. tapi setelah berdiskusi panjang ya.. diikhlaskan untuk bekerja dirumah

Gak..sing pntg kan niat n tujuane..lgpl pencari nafkah utama kan suami, istri itu mentri dalam negeri. Nek kabeh krj luar rmh, sing ngurus omah sopo?

Ngurus anak dan rmh tangga lak ibadahe para ibu



Akhi Pratomo:
Ada cerita yg bisa dishare nggak?
Podho iki...nek bojoku sejak nikah pancen terus gak kerjo. Yo pemikiranr idem karo Purwito. Tapi yo pancen oprah winfrey ae pernah ngomong nek pekerjaan paling mulia bagi wanita adalah ibu rumah tangga. Karena dia bertanggung jawab mendidik suatu generasi. Iku wong agnostik lho iso ngomong ngono,apalagi kalau dikaitkan dgn ajaran rasulullah.
Koyok jare mario teguh,"untuk istri dan ibu yg lebih mementingkan karirnya,apakah anda rela menukar akhlak dan kualitas anak-anak anda dengan gaji 4 - 5 jut per bulan? Mengap tidak anda doakan dan semangati suami anda untuk bisa lebih hebat dalam pekerjaan mereka sehingga kebutuhan rumah tangga bisa tercukupi tanpa harus istri bekerja "
Sik durung mbales smsku oprah iki.
Bukannya menganggap wanita bekerja itu buruk lho ya
Ngko sing wanita karir tersinggung

Akhi Fithrawan:

Alhamdulillah.. Allah hu Akbar.. Hidayah yang suangaaat muahaaal..

Lebih mahal dari emas sepenuh bumi.. Bahkan plus tambahane..

Iyo jek ngawas ngawasi iki mau ora ono signal.. Tapi lumayan Mo, jempolmu suwe2 langsing.. 

O iyo kembali ke pembahasan awal mau..



Tadi khan kaidahnya

1. Diutamakan amalan yg tidak ada ikhtilaf

2. Jika ada amalan yg ulama berselisih, yang penting ada dalilnya..



Jadi karena doa itu tidak ada ikhtilaf diutamakan dulu lalu baru bacaan Al Quran..



Demikian InsyaAllah kesimpulane..

Jadi jika ziarah makam ojo lali baca doa yg tadi, supaya semua ahlul kubur dapat berkahnya.. Kmudian yg mau membaca Al Quran menurut dalil Abu Hurairah di blog di atas silahkan diamalkan sesuai nash hadist tersebut..



Akhi Pratomo:
Jazakallah khairan katsiran. Gus Wawan
Sharing dari blog


Hasiat Dzikir
Dalam kitabnya Al-Wabil Ash-Shayyib , Imam Ibnul Qayyim rahimahullah menyebutkan lebih dari 70 fadhilah, keutamaan dan khasiat ibadah dzikir. Dan berikut ini sebagiannya:
  1. Dzikir membuahkan cinta dan ridha AllahAzza wa Jalla. Dan sekaligus menjadikan ahli dzikir juga dicintai,disayangi dan diterima oleh manusia. Rasulullah shallallahualaihi wasallam bersabda(yang artinya): Apabila Allah Taala mencintai seorang hamba, maka Dia memanggil Jibril, dan disampaikan kepadanya bahwa, Allah telah mencintai si-A, maka cintailah dia olehmu. Lalu Jibril-pun mencintainyajuga. Selanjutnya Jibril berseru kepada para penghuni langit (para malaikat) bahwa, Allah telah mencintaisi-A, maka cintailah dia oleh kalian. Sehingga yang bersangkutan dicintai pula oleh para malaikat penghuni langit. Dan akhirnya, ditetapkanlah (sebagai buah dan efeknya), penerimaan terhadapnya di muka bumi (HR. Muttafaq alaih).
  1. Menghilangkan noda-noda kemaksiatan, dan menghapuskan dosa-dosa kedurhakaan. Karena dzikrullah adalah salah satu kebaikan paling agung dan paling utama. Sedangkan kebaikan itu akan menutup dan menghapus keburukan dan kesalahan.Allah Taala berfirman (yang artinya): Dan dirikanlah shalat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang mau ingat (QS. Huud: 114).
  2. Bila seorang hamba mengenal dan mengingat Allah dengan dzikirnya di saat lapang,maka Allah-pun akan mengenal dan mengingatnya di waktu sempit dan terhimpit. Rasulullah shallallahualaihi wasallam bersabda(yang artinya): Jagalah Allah, maka engkauakan mendapati-Nya selalu di hadapanmu. Ingatlah Allah di saat lapang, maka Dia-pun akan mengingatmu di waktu sempit/sulit…” (HR. Abd bin Humaid dari Ibnu Abbas ra.).
  3. Menyelamatkan dan melepaskan dari adzab Allah Taala. Di dalam hadits: Tidak ada satu amal pun yang dilakukan seorang anak manusia,yang lebih istimewa untuk bisa menyelamatkannya dari adzab Allah Azza wa Jalla, selain dzikrullah(dzikir kepada Allah Taala) (HR. Ahmad dari sahabat Muadz ra, dishahihkan oleh Al-Albani).
  4. Ahli dzikir berbahagia dengan dzikirnya,dan sekaligus membahagiakan orang yang berada bersamanya. Karena inilah orang yang selalu membawa keberkahan dimanapun berada. Sedangkan orang yang hatinya lalai dari dzikir akan merugi dan sengsara akibat kelalaiannya, dan bahkan juga bisa merugikan orang lain yang berada bersamanya. Di dalam sebuah hadits yang cukup panjang disebutkan bahwa, Allah mengampuni orang-orang yang berada di majlis dzikir. Dan ketika dilaporkan oleh para malaikat tentuAllah Maha Tahu bahwa, di tengah-tengah mereka ada seorang hamba pendosa yang lewat lalu secara tidak sengaja duduk bersama mereka, Allah-pun berfirman: Dan diapun termasuk yang Aku ampunkan. Karena mereka itu (para ahli dzikir) adalah kelompok orang yang tidak akan sengsara dan merugi siapapun yang duduk bersama mereka (HR. Muslim dari sahabat Abu Hurairah ra).
  5. Di dalam setiap hati bercokol potensi kekerasan yang tidak bisa dilembutkan dan dileburkan kecuali dengan dzikir. Maka hendaklah setiap kita senantiasa meng-ajeg-kan dzikirnya,demi mengobati dan menghilangkan kekerasan hatinya itu.Sehingga hatipun menjadi lembut,dan semakin bergairah dalam ber-taqarrub ilallah (mendekatkan diri kepadaAllah). Allah Taala berfirman (yang artinya): Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman,untuk khusyuk hati mereka dalam berdzikir mengingat Allah dan (tunduk) kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka). Dan janganlah mereka seperti orang-orang sebelumnyayang telah diturunkan Al-Kitab kepada mereka, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka, lalu hati merekapun menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik (QS. Al-Hadiid: 16). Allah juga berfirman (yang artinya): Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhan Allah-lah mereka bertawakkal (QS. Al-Anfaal: 2).
  6. Banyak berdzikir menjaga kehidupan dan kesehatan hati. Sehingga ia merupakan sabuk pengaman dan penyelamat efektif dari penyakit kemunafikan. Karena salah satu ciri utama orang munafik adalah bahwa, mereka sedikit berdzikir mengingat Allah Azza wa Jalla. Allah Taala berfirman (yang artinya): Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka berdzikir menyebut dan mengingatAllah kecuali sedikit sekali (QS. An-Nisaa: 142).
  7. Menghilangkan kerisauan, kesedihan dan kegalauan dalam hati, serta menggantikan semuanya dengan kebahagiaan, keceriaan dan kelapangan.Allah Taala berfirman (yang artinya): (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berdzikir mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan berdzikir mengingatAllah-lah hati menjadi tenteram(QS. Ar-Raad: 28)
  8. Dzikir akan memberikan kecerahan cahaya wajah bagi ahlinya di dunia, juga cahaya baginya di alam kubur,dan cahaya lain baginyadi akherat kelak. Dimana cahaya tersebut akan menerangi jalannya dan membimbingnya saat melewati titian menuju Surga. Dan memang tidak ada satu amalpun yang memberikan cahaya di hati dan di alam barzakh, serta di hari Kiamat, seistimewa ibadah dzikrullah ini.Sehingga para ahli dzikir adalah orang yang paling cerah wajahnya di dunia, paling terang alam kuburnya,dan paling bersinar serta bercahaya di Akherat.
  9. Ke-ajeg-an atau keistiqamahan berdzikir dalam segala situasi dan kondisi, baik di rumah maupun di jalan, saat tinggal ataupun bepergian,serta dimana saja seseorang berada, berarti memperbanyak saksi bagi yang bersangkutan kelak di Akherat. Karena semua tempat berpijak, baik rumah, tanah lapang, gurun sahara, gunung, lembah, maupun tempat manapun di muka bumi ini, semuanya akan menjadi saksi yang baik bagi ahli dzikir pada hari Kiamat nanti.
  10. Dzikrullah merupakan ibadah yang paling ringan pelaksanaannya,namun di saat yang sama ia justru termasuk ibadah yang paling agung dan paling utama nilainya. Karena gerakan lesan adalah gerakan anggota tubuh yang paling ringandan mudah. Dimana seandainya anggota tubuh lain harus digerakkan seperti gerakan lesan, niscaya hal itu akan terasa sangat berat sekali, atau mungkin bahkan tidak mampu dilakukan.
  11. Dzikir merupakansarana penghalangdan penutupantara seorang hamba dan Neraka Jahannam. Sehingga seandainya terbentang jalan ke Neraka baginya gara-gara sebagian amal buruknya,maka dzikirnya akan menjadi penutup jalan itu. Maka jika dzikirnya adalah dzikir yang sempurna dan ajeg (istiqamah), maka ia akan menjadi penghalang atau penutup sangat kokoh dan kuat yang tidak menyisakancelah sedikitpun untuk bisa ditembus atau dilewati.
  12. Dzikir juga merupakan salah satu sarana pengundang berbagai kenikmatan (dari Allah) yang paling utama,dan wasilah penolak bala teristimewa. Sehingga tidak ada sarana dan wasilah apapun sebagai pengundang kerahmatan ataupun penolak bencana, yang seutama dan seistimewa ibadah dzikir kepada Allah Taala.
  13. Secara lebih khusus dan spesifik, ia juga mengundang rezeki. Karena dzikir memang merupakan salah satu alat dan sarana utama pembuka pintu-pintu rezeki Allah dari berbagai arah dan penjuru
  14. Mengamankan dan membebaskan seorang hamba dari penyesalan tiada tara di hari Kiamat. Sementara itu majlis yang tidak ada dzikirnya akan mengakibatkan penyesalan dan kerugian pada hari Kiamat bagi yang ada di dalamnya.
  15. Di hati setiap insane terdapat celah dan ruang hampa yang tidak bisa diisi dan ditutup kecuali dengan dzikrullahAzza wa Jalla.
  16. Dzikir adalah sarana terapi dan obat penyembuh mujarab bagi hati yang sakit. Dimana sakit-nya hati adalah akibat kelalaian. Dan dzikirlah terapi maupun obat ampuhnya.
  17. Dzikrullah dengan beragam macam dan lafalnya, secara umum berfungsi mengusir syetan,melemahkan daya godanyadan melumpuhkan tipu muslihatnya
  18. Mengokohkan hati, menguatkan fisik, meneguhkan iman di dada, dan membukakan pintu ilmu marifatullah
  19. Menghasilkan kewibawaan, disamping kelezatan dan kecerahan
  20. Menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang, yang merupakan ruh ajaran Islam, poros agama, dan sumber kebahagiaan serta keselamatan 22. Menyelamatkan lidah dan mulut dari ghibah, keburukan kata, dan segala ucapan yang buruk dan serba tidak manfaat, atau bahkan madharat 23. Para malaikat memohonkan ampun bagi orang yang berdzikir, begitupula bagi orang yang bertobat
  21. Gunung-gunung, lembah-lembah dan padangsahara saling berbanggadiri dan bersukacita, dengan adanya orang-orang yang berdzikir kepada Allah Azza wa Jalla


Akhi Fithrawan:

Jazakallah khairan.. Buat akhi PratoMo



Ya akhi, dan ukhti fillaah, sesungguhnya nikmat terbesar yang diberikan Allah Azza wa jalla kepada hambaNYA adalah nikmat iman dan Islam dan juga nikmat Sunnah..



Yang bahkan paman nabi yaitu Abu Thalib yang telah juga ikut membela Nabi Muhammad Shallallaahu alaihi wassallam pun tidak diberikan hidayah islam itu..



Subhanallah, kita kita ini.., harus banyak bersyukur, kog ya jiwa ini yang jahil banyak maksiat dipilih Allah Azza wa jalla sebagai hambaNYA yang beriman.. Disaat kita saksikan banyaklah manusia yang kufur tidak mempercayai Islam sebagai agama yang Haq..

Di hari kiamat nanti, sungguh orang2 yg tidak beriman sangat ingin menebus dirinya dari siksa neraka dengan hartanya.., lalu dikatakan kepadanya, seandainya engkau memiliki emas sepenuh bumi untuk menebus dirimu dari siksa neraka, itupun tidak akan diterima walaupun didatangkan emas sebanyak itu pula..

Ya.. Allah, betapa berharganya iman ini.. Jadi seolah2 orang beriman itu lebih bernilai dari 2bumi penuh emas..

Kadang ada pertanyaan: kog Paman Nabi ga dikasih nikmat iman dan Islam ya..? Begitu juga ayahanda Nabi, atau kadang juga berfikir Pak Fulan Bu Fulanah yang baiiiknya MasyaAllah kog ya bukan orang islam ya..?



Ini sering jadi pikiran, namun seorang muslim hanya akan menyerahkan.. Itulah takdir Allah Ta'aala.., dan jiwa ini harus banyak bersyukur atas nikmat terbesar ini

Subhanallah ....alhamdulillah ...semoga Allah meneguhkan iman dan Islam ini sampai ajal menjemput ya...



Akhi Pratomo:
Om Pul: oh gitu ya..maaf belum hapal sih..
Yang pernah aku temui adalah pertanyaan dari non-muslim,entah itu di forum facebook atau debat agama,begini."kalau ada orang yang baik,jujur,sabar,suka menolong orang,dermawan,tapi non-muslim, apakah dia masuk surga atau neraka?
Ya jelas masuk neraka.
Tapi apa alasannya?berartu surga cuma buat orang muslim dong? Sombong amat nih orang Islam....
Gitu mesthi ngubernya....jawabnya gimana wan?

AKhi Fithrawan:

Kita sebagai orang Islam, harus menjawab dengan Al Quran dan Sunnah Rasulullah.. Ngga boleh menjawab dengan akal dan hawa nafsu.. Di sini dengan pertanyaan yang serupa, bahkan sekelas DR. Zakir Naik pun terpeleset, karena menjawab dengan akal dan hawa nafsu..



Itulah sebabnya dalam debat harus ber ilmu ya akhi.., aku sndiri ngga berani kalau ngga bawa ilmu dan hujjah hujjah yg jelas..



Kenapa..? Karena dalil Al Quran dan Sunnah pun harus disyarah (dijelaskan) dengan nash2 ilmu para sahabat & ulama2 tabiin.. Yang tentu juga pernah menghadapi pertanyaan serupa..



AKhi Purwito:

Gitu ya akhi.. Jek.. Bersambung..

Dr Zakir Naik pakar kristologi? Pengganti Dr. deedat?



Akhi Fithrawan:

Ya benar akhi Purwito.. Ada di youtube, seorang gadis bertanya: apakah karena saya katolik maka sya masuk neraka?

Dijawabnya dengan agak emosi tapi tdk terjawab..



Kadang orang berilmu sekalipun penting utk bersikap wara' dan tawadhu'.. Agar jangan akalnya terlalu dibanggakan..

Bagi yg berilmu harus berhati2 bisikan setan dri riya' sum'ah dan bangga diri.. Semua bisa menghancurkan..

Disini pentingnya kajian tazkiyatun nufus


Akhi Pratomo:
Iya..terus jawaban Dr. Zakir naik bagaimana?
Aku pernah lihat di youtube tapi gak nutut...buffering terus. 😕

Akhi Fithrawan:
Intinya jawabn dri pertnyaan akhi Pratomo itu: "tiada kezaliman yang paling besar kecuali kekafiran dan tidak mau mengakui Allah Ta'aala sebagai Rabb, Tuhan Semesta alam yang paling berhak untuk disembah.."

Namun kalimat itu syarahnya panjaang yg dengan syarah yg sesuai Quran dan Sunnah akan jelas, dan orang itu pasti merasa rendah dengan kekafirannya..

Aku yo lali tp jwban Zakir Naik iku emosi trus agak ora nyambung.. Sang gadis katolik ya akhirnya ngga dapat hidaayah.. Pergi aja
Makanya hidayah itu mahal

Akhi Purwito:
Kalo pengen berdiskusi dg non muslim coba baca2 buku2nya frlix siauw
*felix shiauw
Belio katolik yg menemukan islam dari pencarian Tuhan-nya
Di you tube juga banyak.. sudah 2x saya ikut kajian di kantor ktemu belio
Metode-nya sangat inspiratif
Banyak teman2 non muslim yg akhirnya masuk islam
Smua hidayah krn Allah Ta'ala.. rahmat-Nya.. disitulah seni-nya ber-ikhtiar menemukan-Nya
Felix siauw bagus yo mas pul. Aku sering nonton yg di tvri kamis malam itu,tapi kalo yg di tvri lebih pada motivasi iman. Di twitter juga gak terlalu kristologis
Untuk kawula muda.. sangat inspiratif menurutku. Menurutku kita perlu berdakwah dg bahasa "gaul".. khas anak muda.. tapi konteks tauhid-nya tetep dijaga..
Ya di situ intinya.. Semua harus mencari hidayah, dan orang yg ikhlas mencari, niscaya Allah Ta'aala akan memberi petunjuk..

Lihat Yusuf Estes, Cat steven, lihat Irina Handono, Syafii Antonio, lihat kalau zaman sahabat: Shuhaib ar ruumi, salman al faarisi, Abdullah bin salaam
mereka semua, mencari hidayah itu.. Bukan menunggu

Akhi Pratomo:
Iya bener pur. Aku follow twitter nya.isinya motivational banget
Tapi memang yang jelas,orang-2 yg mendapat hidayah dan akhirnya masuk Islam mayoritas orang-2 berilmu, karena mereka melakukan pencarian atas hidayah itu. Bener kata Gus Wawan
Makanya kalo kita lihat pernyataan mereka...rata-rata menyebutkan I discovered Islam. Saya menemukan hidayah dan sejenis itu. Bukannya 'orang-2 Islam mendatangi saya dan mengajak saya masuk Islam dgn janji2 ini dan itu...

AKhi Purwito:

Seinget saya anas bin malik memberikan jawaban yg berbeda ketika ditanya soal halal & haram apakah mencium istri pada siang hari bulan romadhon itu dibolehkan?

Walallahua'lam bishowab

Ketika yg datang pemuda yg baru menikah maka dijawab haram..  & ketika seorang yg sudah tua dijawab halal.. krn psikologinya berbeda

Ikhwahfillah.. saya usul: agar akhi pratomo atau akhi fitrawan membukukan diskusi dimajelis ini.. sbg file note. Saya yakin resume-nya akan bermanfaat.. kalo dibiarkan kawatirnya menguap seiring waktu. Jadi nanti kita jadikan semacam database kajian.. mudah2an usulan diterima & smoga amal kita sbg kontributor ataupun penyimak dicatat sbg pahala

Sy meniatkan forum ini sbg majelis dzikir.. majelis yg selalu mengingat Allah & rlcinta rosul-Nya.. di majelis yg pernah sy ikuti, menyimak/mengkaji 1 bab ilmu itu pahalanya lebih besar dari 1000 rokaat sholat sunnah.. ada hadistnya

Walallahua'lam bishowab


Alhamdulillah.. Joss

Sekedar mengingatkan ya ayyuhal ikhwah.. panggilah sahabat/teman2mu dengan sebutan yg baik.. itu kenapa Allah menyuruh kita untuk tidak mengolok2 nama ataupun fisik seseorang.. krn blm tentu kita lebih baik dari mereka (al-hujurat: 11).. panggilah dg sebutan yg dia suka, apalagi mengandung doa.. afwan
Kamar-kamar (Al-Ĥujurāt):11 - Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar