Dari Abdullah Ibn Amru Ibn al Ash Radhiallaahu Anhu, sesungguhnya Nabi Shallallaahu Alaihi Wassallam bersabda:

"Sampaikan dariku walau hanya satu ayat!, dan ceritakan dari bani Israil, tidak perlu takut!, dan barang siapa berbohong atas namaku dengan sengaja, maka hendaklah ia bersiap mengambil tempat duduknya di neraka!" (HR. Bukhari)

Blog obrolan ringan antar sahabat yang tergabung dalam grup whatsapp "Abyss mengkaji islam", dengan semangat saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati dalam kesabaran. Saling mendoakan dan saling memberi motivasi dalam keimanan ISLAM.
Ya, namanya obrolan tentu banyak kesalahan dan kekhilafan, untuk itu kami mohon ampun kepada Allah Azza Wa Jalla, dan mohon maaf sebesarnya bagi semua

Sabtu, 09 November 2013

Obrolan tentang Dzikir keluar rumah



obrolan 5 oktober 2013

Akhi Fithrawan:


Sekarang ini kadang miris lihat berita kecelakaan di jalan.. Terus lihat kondisi jalan yang macet plus ramai, pengendara saling salip, motong jalur dsb.. Jadi sepertinya keluar di jalan saja sudah sangat rawan dan deg deg an

Di sini pentingnya doa keluar rumah..



Bismillaahi Tawakkaltu Allallaahi Laa haula walaa quwwata illaabillaah



Opo meneh buatku yg urip nang embong.. Banyak keluar..

Dalam suatu riwayat yg kurang lebih: "Jika seseorang mengucapkan doa tsb, maka ada malaikat yg mengucapkan: engkau telah diberi hidayah, perlindungan, dan kecukupan dari Allah Ta'aala.." Lalu setan lari dari orang tersebut seraya berkata, bagaimana mungkin aku bisa menggodanya, sedang diaa telah diberi hidayah, kecukupan, serta perlindungan..


Akhi Pratomo:
Amiin...
Iyo Wan. Kadang2 /sering rasane pingin nggowo shotgun nembaki wong2 sing ngawur iku
Pernah ada ceramah di tv one. Habib sopo ngono lho. Ngasih materi tentang do'a bepergian tadi,riwayatnya sama dgn yg disampaikan Fithrawan itu. Beliau juga bilang bahwa sepengetahun beliau,belum pernah ada orang yg ngalamin kecelakaan dijalan jika membaca do'a ini.insya Allah benar

Akhi Fithrawan:


Jangan lupa juga sholawat dan dzikir di jalan.

Aku beberapa kali pengalaman di jalan sehubungan dgn ini.

Klo bisa dan sempat plus Azkaru sobah wal masa' / zikir pagi dan sore


reff Hisnul Muslim

diambil dari Kitab Al Azkar dari Imam Nawawi Rahimahullah..

Isinya zikir2 Rasulullah Shallallaahu alaihi wasallam dari hadist2 yg sahih dan hasan


beberapa di dhaifkan oleh Shaikh Albani Rahimahullah.. Namun Shaikh bin Baz mengamalkannya karena dari sanad lain hasan



Akhi Pratomo:
Bolehkah kita menangisi mahluq?
Atau menangis karena hal dunia?

Akhi Fithrawan:
Rasulullah juga menangis saat putra beliau yaitu Ibrahim meninggal, ketika ditanyakan kepada Rasulullah, beliau menjawab: "itu salah satu bentuk rasa rahmat yang ada di hati" namun tidak berlebihan. Beliau bersabda: "kami juga bersedih, namun kami tidak akan mengeluarkan kata2 yg mungkar" dalam artian bersedih yg berlebih hingga reaksinya berlebihan..

Wajar manusia menangis saat kerabat yang dicintai meninggal (misal)
Atau bahkan saat kucingnya mati sekalipun..

Akhi Purwito:


Doa pagi - petang iku maksude al matsurat ya pak?


Akhi Fithrawan:


Al Matsurat beda dikit sama zikir pagi sore yg di Hisnul Muslim, sebagian sama..

Bedanya: yg di Al Matsurat ada bagian yg tanpa catatan riwayat..



Sedang zikir pagi dan sore yg di Hisnul Muslim ada catatan riwayatnya dari para sahabat.. Lalu di syarah dan di tahqiq oleh ulama2 ahlussunnah wal jamaah..

Sebenarnya jika ingin mengamalkan sebagian saja lah kebiasaan dan amalan doa2 dari Nabi, mungkin waktu kita sudah habis yg 24jam. Ini contohnya.. MasyaAllah kalau bisa mengamalkan.. Itu isinya mulai bangun tidur sampai tidur lagi semua.. Dari hadist2 sahih dan hasan. Kalau dipikir lagi.. Subhanallah.. Inilah bentuk penjagaan Allah Azza wa jalla terhadap agama ini yg tidak ada ditemukan di agama lain..



Allah Ta'aala berfirman: "Kami lah yang menurunkan Al Quran dan Kami juga yang menjaganya."


Dalam suatu riwayat, penjagaan juga thd Sunnah.. Lihatlah, betapa seluruh kehidupan Nabi dan para sahabat terdokumentasi dengan jelas melalui sanad2 yang sahih.. Itu kehidupan plus detil2 yang kecil..

Padahal semua ada di abad ke 6masehi.. Bandingkan dengan di Jawa ini, periwayatan Majapahit saja di abad 12 tidak ada catatan yang jelas..



Termasuk juga catatan kehidupan para Sunan dari Wali Songo.., terlalu banyak distorsi dan cerita2 yang di luar nalar.. Masih ingat film wali songo..? Di sana ada adegan Sunan bisa merubah buah kolangkalinh jadi emas, dan yg lainnya.. Sedang riwayat yg begini tidaklah sahih, knapa? Sekalipun Sunan memiliki karomah, pengertian karomah menurut pemahaman ahlus sunnah itu sifatnya kondisional, tiba2, isidentil dan tidaklah bisa di ulang..



Khan sunnan tidak akan melebihi derajat Nabi.., yang mukjizat Nabi itu saja banyak yang sifatnya keluar di saat yang terdesak dan darurat, jadi ngga bisa diulang2 sekehendak hati..Tapi ya itu, masyarakat senangnya cerita2 yg sedikit taajub taajub gitu.. Ya hendaknya kita kembali dan fokus pada ajaran utama Nabi Shallallahu alaihi wasallam utk hanya memurnikan peribadatan kepada Allah Ta'aala saja..


Jika kita diberi karomah.. Maunah.. Ya Alhamdulillah



wallaahu a'lam


Akhi Pratomo:
Hal inilah yg kemarin ramadhan ada muallaf baru yg dibaiat di masjid dkt rumah.
Dia melihat kok agama Islam itu. Begitu detil mengatur kehidupan ummatnya.daru hal2 besar sampai hal2 kecil dalam kehidupan sehari2. Awalnya dia menganggap itu berarti Islam itu terlalu ketat dan sok ngatur. Tapi setelah diskusi panjang lebar dgn temannya yg muslim,dia malah berbalik tertarik belajar Islam. Makin dipelajari makin dia tahu bhw islam ini adalah agama yg paling komplit dan paling memanusiakan manusia. Akhirnya pertengahan ramadhan kemarin dia bersyahadat. Akhwat dia

Akhi Fithrawan:


Alhamdulillah.. Semoga istikomah


Ta'addud iku ilmune duwur Mox.. Kita2 yg lemah iman ini belum mampu.. Baik bagi suami, lebih2 istri..

Mikir sholat fardhu istikomah 5waktu di masjid ae masih lemah.. Ilmu istinja, mndi junub, wudhu aja mungkin blm bener



Ada seorang suami mau menikah lagi, minta izin ke ulama,lalu sama ulama tsb ditanya: bagaimana istinjak nya Rasulullah, hadistnya, apa2 saja yg diperhatikan, airnya bagaimana.. Lalu lanjut ke hukum wudhu di surat apa.. Lalu hadistnya bagaimana, wajib2nya bagaimana,sunnahnya.. Belum masuk ke bab mandi junub

masih di istinja saja sang suami tdk bisa jawab..


Lalu ulama itu berujar, ya akhi, antum itu belajar istinja saja belum paham, terus mau nikah lagi..? Bagaimana? Lek boso malangane..: "sampean iku cebok ae durung mudeng kog ate rabi maneh..."



Akhi Pratomo:
Hahahaha....intermezzo ae kok wan. Tak budhal sik dhuhur...

Akhi Purwito:


Assalamu 'alaikum

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,



مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ  وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ



Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah). Para sahabat bertanya: Tidak pula jihad di jalan Allah? Nabi shallallahu alaihi wa sallam menjawab: Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.[1]


Akhi Pratomo:
Barokallahu fik

Akhi Purwito:
Wa iyyakum

Akhi Fithrawan:

Tanggal 1dzulhijjah mulai besok ya?


Akhi Purwito:
InsyaAllah mas bro
Gak pake sidang itsbat yo?

Akhi Fithrawan:
Lha yo iku..
Tapi sprtinya ada yg melakukan kog

Akhi Pratomo:
Mungkin pemerintah saudi yo wan. Kan soale berhubungan dgn pelaksanaan haji
Di indonesia juga.. Soalnya yg mau puasa dzulhijjah khan mulai.tgl 1-9
Atau ambik tgl 9 saja juga ga apa( sekurang2nya).. Tapi nek puasa arafah kan harus menyamakan dgn hari wukuf di arab? Iya.. Yang rojih begitu sih.. Karena kaitannya begitu

Akhi Fithrawan:


Lho ya ambil sisi positifnya dunk.., memang benar lek dakwah ilmune kurang khan dadi kurang afdhol..


Walau kaidahnya "ballighu annii walau aayah"


Sampaikan dari ku walau hanya satu ayat: kata Rasulullah Shallallaahu alaihi wasallam

Misal kita cuma punya ilmu salam.., ya sampaikan hadist Nabi:

"maukah kalian aku beritahu amalan yang jika kalian amalkan maka akan timbul rasa cinta di antara kalian..?" Tebarkanlah salam..


Begitu kata Nabi..


Lalu kita tebarkan

Nyante ae jalan terus.. Yg pnting niat

Klo setiap langkah mempedulikan pandangan manusia, ngga akan jalan maju..


Sebuah tujuan akhir tetap harus ditempuh dan dimulai oleh langkah kecil


Pernah dengar kisah bapak, anak, dan keledai khan..?



Saat bapaknya naik keledai, anaknya yg jalan menuntun, orang bilang: tuh bapak tega banget sama anaknya.., membiarkan anak jalan kaki..


Lalu tukeran, bapak jalan, anak naik keledai, trus orang bilang: anak durhaka.., bapaknya disuruh jalan, dia yg enak naik keledai..


Lalu diputuskan semua naik.., setelah jalan agak jauh, orang2 berkata: kasian banget keledainya dinaikin berdua..


Lalu akhirnya turun semua.., keledai dituntun saja.., ngga lama orang yg lain bergumam: bego amat, punya keledai ngga dimanfaatin..


ngga akan ada benernya khan..?? Hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar